5 Jenis Kulit Wajah Serta Perawatan nya

Hi Girls!! Kalian tahu gak sih kalau setiap orang memiliki jenis – jenis kulit wajah yang berbeda beda? Secara garis besar, ada 5 jenis kulit wajah diantara nya: normal, berminyak, kering, sensitif dan kombinasi. Setiap jenis kuit wajah juga memiliki perawatan yang berbeda loh. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas kelima jenis kulit wajah tersebut dan juga cara perawatan nya agar kalian bisa lebih maksimal dalam melakukan perawatan wajah kalian

1. Kulit Normal



Jenis kulit wajah yang ini merupakan salah satu jenis kulit wajah yang tak memiliki banyak masalah, namun harus tetap dijaga dan dirawat kebersihan nya. Kulit normal memiliki tingkat kelembapan yang pas, tidak terlalu kering atau terlalu berminyak. 

Ciri – ciri dari kulit wajah normal adalah kelembaban dan keelastisitasannya selalu terjaga, segar, lembut, pori-pori kulit nyaris tidak terlihat, tidak kusam maupun kering, dan produksi minyak pada kulit terhitung wajar.

Meski terlihat baik-baik saja, kulit normal tetap harus dirawat. Hanya saja tidak perlu melakukan perawatan khusus. Kalian cukup menjaga kebersihan kulit wajahmu dan jangan lupa untuk selalu memberikan pelembab. Kalau tidak, jerawat, keriput, maupun komedo bisa saja muncul kapan saja.


2.  Kulit Berminyak



Produksi minyak pada jenis kulit wajah yang satu ini memang lebih banyak dibandingkan dengan kulit wajah yang lain. Biasanya minyak yang diproduksi berada di daerah T-Zone pada wajah, yaitu dahi, hidung dan dagu. Kulit berminyak disebabkan beberapa hal seperti pubertas, faktor genetik, atau juga faktor eksternal seperti pola makan, lingkungan, atau juga stress.

Ciri – ciri kulit berminyak adalah, kulit wajah mudah berminyak atau lengket pada bagian T-Zone, wajah terlihat mengkilat, pori – pori wajah cenderung lebih besar dan kosmetik susah menempel pada wajah.

Untuk menangani jenis kulit seperti ini, kamu cukup rajn mencuci wajah 2 kali sehari saat mandi pagi dan mandi sore. Kemudian, untuk mengurangi produksi minyak dalam wajah kamu bisa menggunakan kertas wajah atau blotting paper. Selain itu untuk pemakaian kosmetik, usahakan untuk membeli kosmetik wajah yang berlabel “non oil” atau ”non comedogenic”.


3. Kulit Kering



Kulit kering merupakan kebalikan dari kulit berminyak. Pada jenis kulit yang ini, kelenjar minyak pada wajah justru tidak mampu memproduksi minyak dengan baik, sehingga kadar minyak tidak dapat melindungi wajah.

Penyebab dari kulit kering juga bermacam – macam, bisa dari kondisi struktur kulit, pola makan, dan juga faktor genetik. Ciri – ciri dari kulit kering adalah, wajah terlihat kusam dan kasar, pori – pori hampir tidak terlihat, mudah bersisik, dan garis – garis pada wajah terlihat jelas.

Bagi kalian yang memiliki kulit kering, kalian harus rajin meminum air putih, mengkonsumsi sayur – sayuran, jangan terlalu sering mandi menggunakan air hangat, gunakan sabun yang memiliki kandungan ringan, dan jangan lupa untuk menggunakan pelembap wajah.


4. Kulit Sensitif



Jenis kulit ini seperti nama nya, selalu sensitif dengan perubahan yang terjadi baik dari dalam tubuh atau dari faktor eksternal. Hal ini disebabkan karena kondisi kulit yang sangat tipis, pembuluh kapiler dan saraf sangat dekat dengan kulit sehingga kulit wajah mudah terkena alergi.

Kulit sensitif cenderung sulit untuk dikenali secara langsung. Untuk mengetahui nya, kita harus melakukan tes dan konsultasi dengan dermatology (dokter kulit) terlebih dahulu. Tapi  kalian dapat bisa mengenali dengan ciri – ciri seperti kulit wajah yang tipis, mudah terkena alergi dan kulit wajah terlihat agak kemerah – merahan.

Perawatan yang perlu dilakukan tidak susah kok, yang terpenting kalian hanya perlu mencegah dan menjaga wajah dari iritasi dan alergi. Kemudian jangan lupa menggunakan sunblock saat keluar rumah, menggunakan produk wajah yang cocok, dan selalu membersihkan wajah sebelum tidur.


5. Kulit Kombinasi



Kulit kombinasi merupakan pencampuran dari 2 jenis kulit wajah atau lebih. Biasanya orang – orang yang tinggal di iklim tropis memiliki kulit wajah jenis ini. Pada kulit kombinasi, produksi minyak pada wajah tidak merata, di satu bagian bisa memiliki kadar minyak yang berlebihan tapi di sisi lain justru sangat kering hingga bersisik. Ada beberapa macam kulit kombinasi, yaitu: normal – berminyak, kering – berminyak, atau berminyak – sensitif.

Ciri-ciri dari kulit kombinasi adalah pada T-zone wajah produksi minyak sangat aktif, sedangkan area yang lain cenderung normal atau bahkan kering. Selain itu, tekstur kulit pada area yang berminyak akan terjadi penebalan, namun pada area kulit yang normal atau kering cenderung tipis.

Merawat kulit jenis ini juga perlu perawatan kombinasi. Gunakan dua produk perawatan kulit wajah sesuai dengan kombinasi kulit apa yang ada di wajah kalian.



Gimana Girls? Sekarang kalian sudah tahu kan ternyata kulit itu ada macam-macam jenis. Sekarang saatnya kamu mengenali kulit wajahmu, dan mulai lakukan perawatan sesuai kebutuhannya ya!

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Back
to top